Terowongan Channel dalam bahasa Inggris ( Channel tunnel ) dan dalam bahasa Prancis ( Le Thunnel sous la manche ) adalah sebuah terowongan rel sepanjang 50 km di bawah selat Inggris ( tepatnya di selat Dover ).Terowongan tersebut menghubungkan cheriton Kent,di selatan Britania raya dan Coquelles Calais di Utara Prancis.
Pembuatan Terowongan Drover sudah di lakukan pada abad 19 melalui berbagai proposal dan ide kepada Napoleon.Pada tahun 1881 dilakukan pengeboran Beaumont English berdiameter 2,13 meter ( 7 ft ) melakukan penggalian sepanjang 1.893 m ( 6.211 ft ) dan dengan menggunakan mesin yang sama pada sisi Prancis
Menggarap sepanjang 1.669 m ( 5.476 ft ).
Pada bulan may 1882 karena adanya gejolak politik di Inggris proyek tersebut terhenti.Pembangunan Terowongan lanjutan sepanjang 1,8 km penggeboran awal pada masing-masing baru bisa dilakukan secara utuh pada tahun 1987 ( bagian UK dan 1958 bagian ( Prancis ).Sebelumnya di tahun 1979 group yang menamai dirinya European Channel Tunnel mengadakan suatu study tentang pembangunan tunnel yang di fungsikan sebagai railway dengan melakukan suatu kompetisi desain.Kompetisi tersebut di adakan pemerintah Inggris dan Prancis pada tahun 1985 dan kemudian di peroleh pemenang tender yakni Eurotunnel ET di umumkan pada 20 Januari 1986 dan Transmanche link ( TML ) yang di umumkan pada maret tahun 1986.
Tunnel boring machines atau di singkat TBM merupakan suatu mesin pengeboran yang digunakan untuk pembangunan terowongan.Terowongan Tunnel tersebut mulai dari proses persiapan hingga finishing secara fix di capai pada tahun 1988 dan mulai beroperasi pada tahun 1994.
Tak sedikit memang biaya pembuatan terowongan Channel Tunnel tersebut.Setidaknya di tahun 1985 biaya pembuatan mencapai 4.650 milyar poundsterling ( setara dengan 11 milyard pound Sterling di masa sekarang ).Pada saat puncak kepadatan pengerjaan proyek terdapat 15.000 pekerja yang bekerja secara berkala di proyek tersebut dan dengan pengeluaran pekerja sebesar 3 juta poundsterling.Tercatat dalam kurun waktu antara tahun 1987-1993 proyek tersebut menelan 10 Korban jiwa,dari 10 pekerja tersebut 8 pekerja diantaranya adalah berkebangsaan Inggris.Teman-teman terowongan Dover di Inggris-Prancis ini menempati urutan ke dua Terowongan terpanjang di dunia setelah Terowongan Seikan di jepang.
Artikel keren lainnya: